Seputar IT dan Kajian Islam

Rabu, 29 April 2020

Implementasi Prototype


baiklah dikesempatan kali ini.. saya akan membagikan sebuah artikel mengenai tahapan rancangan sebuah aplikasi pada bagian implementasi user interface. sebelumnya juga juga saya sudah membahas bagaimana penerapan sebuah user interface yang baik. seringkali mungkin diantara para pengguna yang menggunakan sebuah aplikasi yang kurang memperhatikan user interface oada aplikasi yang ia gunakan, bahkan ia hanya mau memakai nya saja dengan mudah tanpa mau mengambil pelajaran.

baik, langsung saja. artikel akan banyak penuh dengan koreksian. jadi sebelum saya tulis, saya yakin anda adalah org yg lebih dari saya dalam pengetahuan. baik, penetapan user interface aknlan sangat berpengaruh pada tongkat kepuasan pengguna ketika oengguna memakai aplikasi buatan kita. dimanapun, kapanpun, sedangapapun separang penghuna merasakan kmewahan dalam aplikasi anda ataupun kesederhanaan, maka disitulah nilai rating aplikasi anda akan semakin baik.. ketahuilah kunci dari perancangan aplikasi yang menampilkan hasil yang baik akan membuat hasil yang mamuaskan nantinya.. baiklah karna tidak beda jauh materi yang akan saya tulis. maka alangkah baiknya saya mengambil tulisan saya kemarin. dan semoga ini menjadi bahan evaluasi saya.
Disore kali ini, saya akan membagikan sebuah artikel mengenai penerapan user interface. kalau di artikel yang sebelum-sebelumnya saya sudah jelaskan tahapan-tahapan dalam pembuatan aplikasi. Nah, dikali ini nih kita sudah memasuki tahapan yang bisa dibilang important banget yakni penerapan user interface pada aplikasi. lagi-lagi, tahapan pekerjaan ini membutukan ketekunan kamu dalam merancangnya. oleh karena itu, lakukanlah dengan baik sehingga nantinya hasilnya memuaskan.
dalam menerapkan user interface kita dapat menggunakan fungsi dari berbagai aplikasi(untuk catatan : kita tidak dahulu menggunakan database) untuk menerapkan user interface nya. baiklah langsung saja, berikut ini merupakan langkah ataupun cara dalam menerapkan user interface pada microsoft powerpoint. tetapi, sebelumnya kita akan ulangi lagi apa itu pengertian user interface menurut para ahli supaya kamungga lupa ya :

PENGERTIAN UI MENURUT PARA AHLI

1. Menurut Baecker dan Buxton [dalam PRE94] HCI ini didefinisikan sebagai
”serangkaian proses, dialog dan tindakan melalui mana pengguna manusia
mempekerjakan dan berinteraksi dengan komputer”.
2. Menurut ACM-SIGCHI [dalam PRE94] menuliskan definisi tentang HCI
sebagai berikut HCI adalah disiplin yang berkaitan dengan desain, evaluasi dan
pelaksanaan sistem komputasi interaktif untuk digunakan manusia dan dengan
studi fenomena utama yang mengelilingi mereka.
3. Human Computer Interaction (HCI) atau diartikan sebagai interaksi computer
manusia, adalah multi disiplin yang focus pada desain, evaluasi dan implementasi
dari interaksi system computer yang digunakan oleh manusia dan hal lain yang
berada disekitarnya (preece et. al, 2002).
4. Human Computer Interaction merupakan suatu disiplin ilmu yang mengkaji
komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan system.
5. Interaksi Manusia dan komputer atau human computer interaction (HCI)
merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi
dan evaluasi system komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait.
6. Menurut ahli User Interface (Lastiansah, 2012) adalah cara program dan pengguna berinteraksi.

Nah, itu dia yah pengertian user interface menurut para ahli. artinya tidak diragukan lagi ya keabsahannya. oke lanjut ya :

baik yang pertama, pastikasn kamu semua sudah install powerpoint kamu ya. meskipun produksial pasti sudah terinstal pada OS windows atau lainnya. tapi saya ini cukup mengingatkannya ya. yang kedua, adlah insert mockup yang sebelumnya telah kamu. kalo lupa lagi mockup itu apa buka link ini.  oke setelah kamu insert mockup kamu ke power point lalu kamu preposisikan mockup kamu dengan baik. artinya pada penerapan user interface ini kamu itu sedang menerapkan fungsi aplikasi seperti tombol back, next, notifikasi yang akan muncul (perlu diingat! ini belum aplikasi yang sesungguhya karena tidak memakai database) dll. tepatkan semua mockup anda dengan tepat sesuai dengan alur kerja aplikasi yang kamu buat. misalnya, kamu punya aplikasi jual beli online. Nah, dalam aplikasi itu kan tentu ada tuh, fungsi untuk memasukkan pesanan (seperti pada aplikasi shopee itu memasukkan ke keranjang). jadi pada fungsi memesan itu user interface kamu  bisa berfungsi untuk berpindah ke menu selanjutnya sesuai dengan perintah.

baik, demikian mungkin cukup. artikel ini masih terlalu banyak untuk dikoreksi. cari sumber terpercaya aga akamu jadi yang terpercaya orang lain. mohon koreksiannya, karena penulis masih belajar dalam membuat sebuah artikel. terima kasih semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar