Seputar IT dan Kajian Islam

Rabu, 08 April 2020

Wireframe, ayo buat biar keren aplikasi kamu


Wireframe, ayo buat biar keren aplikasi kamu

Pembuatan aplikasi  memerlukan suatu usaha yang ulet dan tekun. Akan nampak hasilnya dengan baik (aplikasi tersebut) jikalau kita benar-benar ulet dan tekun. kenapa saya katakan seperti ini? banyak diantara orang yang sudah pandai akan banyak yang bersikap meremehkan, tidaklah baik apa yang mereka perbuat seperti itu. oleh karena itu, sudah sebaiknya kita mulai sesuatu dengan sebaik-baik mungkin. Nah, diartikel kali ni saya akan menuliskan tentang bagaiman cara membuat wireframe. kalaulah kamu sekarang sedang atau berkeinginan membuat suatu aplikasi, maka kamu akan bertemu dengan perihal seperti ini. Lah, kok bisa? iya dong. wireframe merupakan salah satu tahapan dalam membuat aplikasi. ada banyak tahapan yang dilakukan untuk membuat sebuah aplikasi yang itu diperlukan keuletan kita. wireframe ini adalah sebuah gambaran coret-coret yang biasa dibuat oleh seorang UI Designer ketika merancang sebuah aplikasi ataupun sebuah website. Wireframe ini bersifat statis. Berbeda dengan prototype yang bersifat dinamis, artinya bisa membuat respon pada sebuah aplikasi ataupun sebuah website.
wireframe dapat dibuat oleh seorang UI Designer yakni dengan memanfaatkan bahan yang ada. Pertama, siapkan alat tulis, kertas, penghapus (jika diperlukan). Kemudian, mulailah rancang. Apa saja yang perlu dibuat pada wireframe ini? yang pasti yaitu ialah membuat layout atau tampilan dari aplikasi atau webiste yang kita buat. Sebagai contoh kamu sedang merancang sebuah aplikasi nih, aplikasinya itu adalah aplikasi shopping online. Nah, maka buat lah layout atau tampilannya dengan rapi. Pada bagian header (kepala atau judul dari aplikasi), footer (bisa keterangan atau lainnya ynag menyesuaikan). Nah, yang perlu diingat dalam membuat wireframe ini, usahakan apa yang kita buat nantinya hasilnya akan muadh dimengerti oleh banyak orang. Karena ini  adalah pertanda bahwa aplikasi sudah mendapatkan jempol paten. Untuk lebih jelasnya dalam merancang dan membuat wireframe dengan bagus, boleh kamu cek di https://www.tutorial-webdesign.com/wireframe-sebagai-tahap-awal-pembuatan-desain-web/ . Dengan demikian, wirefram sangatlah penting bagi keberhasilan pembuatan sebuah aplikasi ataupun website. Disini saya akan membagikan artikel dari blog https://www.tutorial-webdesign.com/wireframe-sebagai-tahap-awal-pembuatan-desain-web/ yang dijelaskan pengaruh dari iwireframe iitu sendiri. Berikut ini merupakan ulasannya :

1.Dengan membuat wireframe kita membantu client untuk fokus pada kerangka utama dari pembangun halaman aplikasi atau web tersebut.

2. Dengan wireframe kita bisa menggiring client untuk fokus pada fitur, elemen dan posisinya dalam web tanpa terganggu perhatiannya oleh warna, typografi atau elemen desain lainnya.

3.Dengan wireframe yang hanya berupa kotak hitam-putih akan lebih mudah bagi kita untuk mendeteksi apa yang tidak bekerja dari sisi usability, fungsionalitas. Ibarat rumah wireframe menyajikan layout rumah dalam bentuk draftnya dimana posisi kamar tamu, kamar tidur, kamar mandi, teras, dapur. Sehingga akan mudah bagi client untuk melihat sisi fungsionalitas dan usabilitynya. 

Baik, demikian pemaparannya. artikel ini perlu dikoreksi lebih banyak lagi. semoga bermanfaat denagn segala yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar