Seputar IT dan Kajian Islam

Rabu, 08 April 2020

CARA MENDESAIN TEKS ATAU MEMBUAT FONT SENDIRI


CARA MENDESAIN TEKS ATAU MEMBUAT FONT SENDIRI

Suatu karya yang baik membutuhkan sesuatu yang baik pula dalam prosesnya. Demikian juga pada pembuatan sebuah website yang bagus dan menarik. Selain UI nya yang bagus, kita juga harus memperhatikan bagian dari segi kontennya. Ya, benar. itu adalah teksnya. Teks tersebut tentu saja menggunakan banyak model huruf. Ada banyak model huruf yang disediakn oleh banyak OS seperti Windows, MacOS dll. Namun, tidak jarang juga kita menginginkan suatu hasil font atau huruf yang itu adalah kreasi kita sendiri. Apalgi bagi kamu yang tukang desain, wajib bisa ini ya. Dengan menggunakan font atau huruf yang indah dan menarik pengguna, maka kita akan merasakan ekspresi kita itu terekspos semua ya kan. Bener ga?  Tidak ada tampilan yang menarik melainkan dari hasil kerja beproses yang kita kerahkan dengan sebaik mungkin. begitu juga untuk bisa membuat font dengan seindah mungkin maka kita harus mengetahui dahulu bagaimana cara membuat nya. Nah, kali ini saya akan membuat sebua artikel yang isinya mengenai bagaiamana membuat desain teks sendiri ataupun juga membuat font sendiri. Berikut ini cara-caranya ya ... keep read..

1). Kamu harus tahu kenapa kamu mau mendesain teks ataupun membuat sebuah font baru.
Mengapa demikian? alasan akan membuat kamu kuat dalam melakukan sesuatu. Sebagai suatu contoh kamu sekarang mempunyai blog. dan kamu kamu menginginkan kesuksesan dari blog kamu tuh. Nah, disini kamu harus berfikir mencari alasan yang kuat untuk bagaimana mendapatkan viewer yang banyak. Bukan kah viewer yang banyak pertanda kebaikan bagi blogmu? hehe.. ketika udh kamu udh dapatkan alasan itu, maka kamu akan bisa kuat untuk belajar pada materi tentang mendesain teks atau membuat sebuah font ini.

2). Kita bisa menggunakan fungsi dari sebuah website, yakninya www.calligraphr.com . Website ini menyediakan layanan bagi siapa saja yang menginginkan untuk mendesain atau membuat sebuah font yang baru atau buatan sendiri. Dalam Website ini kita bisa memasukkan atau memberikan input font yang kita sukai dengan membuatnya pada kolom yang telah disediakan pada website tersebut. Setelah ada kolom tersebut kamu jumpai, maka kamu print dulu. Kemudian tulis deh gaya font yang kamu mau. Ceker ayam kek atau apalah, hehe. Nah, setelah udah nih kamu ketik maka kamu tinggal men-scan lembar printan yang telah kamu isi. Kemudian tambahkan deh laptop atau komputer kamu.

3). Yang terakhir ini nih gimana cara menambahkan di laptop. Yang saya bahas disini untk yg OS nya Windows ya. Kalo yang lainnya belum tau. okeh langsung. ini nih cara nya :
Catatan Untuk masang ulang font standar Windows, lihat bagian "Memasang ulang font standar Windows".
Penting Untuk menambah font, Anda harus memilikinya di dalam sebuah disket, CD atau To install fonts, you must have them on a floppy disk, CD atau diska keras.

Untuk nambahin sebuah font yang udah kamu buat tadi, ikuti langkah-langkah berikut ni ya:
Pertama, Klik Start, lalu klik Run.
Kedua, Ketik perintah berikut, lalu klik OK:
%windir%\fonts
Ketiga, Pada menu File, klik Install New Font.
Keempat, Pada kotak Drives, klik pengandar yang berisi font yang ingin kamu tambahin.

Catatan dikit : Disket biasanya ada di pengandar A atau B. Sedangkan CD biasanya adalah pengandar D.

Kelima : Pada kotak Folders, klik folder yang berisi font yang ingin kamu  tambahin, lalu klik sip atau OK, hehe.
Keenam, Pada kotak List of fonts, klik font yang mau kamu tambahin. Untuk memilih lebih dari satu font pada waktu yang sama, tekan dan tahan kunci CTRL ketika kamu milih font yang diinginkan.
Ketujuh, Klik kotak centang untuk Copy Fonts To Fonts Folder. Font baru tersimpan di folder Windows\Fonts.
terakhir, Klik OK.

Catatan Windows mendukung font TrueType atau font yang didesain khusus untuk Windows yang bisa dibeli secara pisah. Beberapa program juga menyertakan font khusus yang akan terpasang sebagai bagian dari instalasi program. Tambahan nih, font TrueType atau font spesial Windows seringkali merupakan bagian dari printer. Ikuti petunjuk yang disertakan dalam produk-produk tersebut untuk menambahkan font-font dimaksud.

mungkin sekian dulu mohon maaf dalam kata-kata saya yah. Carilah sumber yang lain, karena sumber ini belum tentu benar semua dan masih butuh koreksian. semoga bermanfaat.

sumber :https://support.microsoft.com/id-id/help/314960/how-to-install-or-remove-a-font-in-windows

0 komentar:

Posting Komentar