USABILITY
Baiklah, saya hari ini dua kali
posting nih, untuk postingan kali ini saya akan memposting tentang usability. Anda
sudah tahu? Mari kita tambah lebih
pengetahuan kita. Yuuuk..
Usability. Mendengar istilah ini
mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para sobat netizen yang sedang
merancang sebuah aplikasi sekarang ini. Nah, bagi sobat netizen yang belum
paham sepenuhnya tentang usability, ayo kita bca artikel berikut ini :
Pengertian usability.
Usability adalah tingkat kemampuan
sebuah aplikasi untuk digunakan secara mudah oleh seorang pengguna. Usability
adalah suatu ukuran, dimana pengguna dapat mengakses fungsionalitas dari sebuah
sistem dengan efektif, efisien dan memuaskan dalam mencapai tujuan tertentu.
Terdapat banyak definisi
usability menurut beberapa referensi baik itu perorangan maupun lembaga.
Berikut ini pengertian menurut beberapa ahli tentang definisi usability :
1. Jakob Nielsen
mendefinisikan usability sebagai
ukuran kualitas pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan produk atau
sistem apakah situs web, aplikasi perangkat lunak, teknologi bergerak , maupun
peralatan-peralatan lain yang dioperasikan oleh pengguna
2. International Organization for
standardization (ISO)
Mendefinisikan usability sebagai
tingkat dimana produk bisa digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai
tujuannya dengan lebih efektif, efisien, dan memuaskan dalam ruang lingkup
penggunanya.
Kebergunaan (bahasa Inggris:
usability) adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk
menggunakan suatu alat atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan
tertentu. Kebergunaan juga dapat merujuk pada metode pengukuran kebergunaan dan
kajian prinsip di balik persepsi efisiensi dan keluwesan suatu objek.
Dalam interaksi manusia komputer
dan ilmu komputer ,Usability biasanya merujuk pada keluwesan dan kejelasan
interaksi dengan hasil rancangan suatu program komputeratau situs web. Istilah
ini juga sering digunakan dalam konteks produk elektronika konsumen, atau pada
bidang komunikasi, serta objek alih pengetahuan (misalnya buku masak atau
dokumen). Kebergunaan dapat pula merujuk pada desain efisien suatu objek
mekanis seperti suatu gagang pintu atau palu.
Mengapa Penggunaan Usability itu
Penting?
Situs yang memiliki usability
yang tinggi, bisa memiliki peluang yang
sangat besar untuk sering dikunjungi oleh para pengguna internet. Lazimnya, pengguna ingin mendapatkan informasi secara cepat
dan tepat. kalau sebuah situs gagal dalam menunjukkan secara jelas apa yang
dapat dilakukan dengan situs tersebut, pengguna cenderung akan langsung
meninggalkan situs dan beralih ke situs lain.
Cara mengukur Usability
Secara umum cara mengukur dan
menilai usability sebuah situs bersifat relatif danbergantung pada bagaimana
pengguna dapat menyelesaikan sekumpulan task. Menurut JakobNielsen terdapat
beberapa ukuran umum yang dapat dijadikan patokan dalam mengukur usability,
yakni:
a. Learnability
Learnability menjelaskan tingkat
kemudahan pengguna untuk memenuhi task-taskdasar ketika pertama kali mereka
melihat/menggunakan hasil perancangan.
b. Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat
kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari
hasil perancangan.
c. Memorability
Memorability menjelaskan tingkat
kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa
lama tidak menggunakannya.
d. Errors
Errors menjelaskan jumlah error
yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelanterhadap error dan cara
memperbaiki error.
e. Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat
kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
Tujuan utama Usability :
1. Efektif dan efisien pada saat
digunakan
2. Aman saat menggunakannya
3. Punya utility yang tinggi
Kesimpulan
Sebuah web dengan usability yang
buruk akan ditinggalkan oleh penggunanya. Oleh karena itu, sebagai seorang
pembuat atau perancang aplikasi hendaknya sangat memerhatikan aspek ini, sebab
ini adalah aspek penting pada pembuatan aplikasi. Usability yang tinggi
tentunya bisa dicapai dengan usaha kita juga yang tekun dalam belajar dan
menguasai usability.
0 komentar:
Posting Komentar