DEFINISI UX OLEH PARA AHLI
User experience atau pengalaman pengguna adalah pengalaman
seseorang pengguna atau peamakai dalam menggunakan sebuah produk layanan
tertentu, bisa bernilai baik ataupun buruk menurut bentuk penagalaman pengguna
itu sendiri.
Berikut ini merupakan pendapat beberapa ahli mengenai User
Experience (UX) :
Ada banyak definisi untuk pengalaman pengguna. Di bawah
kumpulan definisi ditemukan dari literatur dan di Web.
1. Alben (1996)
Menurut Alben (1996) pengertian UX (User Experience) adalah
semua aspek tentang bagaimana orang menggunakan produk interaktif bagaimana
rasanya di tangan mereka, bagaimana perasaan mereka, bagaimana perasaan mereka
tentang hal itu ketika mereka menggunakannya, bagaimana itu melayani tujuan
mereka, dan seberapa baik itu cocok dengan keseluruhan konteks di mana mereka
menggunakannya.
2. Grup Nielsen-Norman
Menurut mereka pengertian UX (User Experience) adalah semua
aspek interaksi pengguna akhir dengan perusahaan, layanan, dan produknya.
Persyaratan pertama untuk pengalaman pengguna yang patut dicontoh adalah untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan yang tepat, tanpa repot atau repot. Berikutnya
adalah kesederhanaan dan keanggunan yang menghasilkan produk yang menyenangkan
untuk dimiliki, kesenangan untuk digunakan. Pengalaman pengguna yang sebenarnya
jauh melebihi memberi pelanggan apa yang mereka inginkan, atau menyediakan
fitur daftar periksa. Untuk mencapai pengalaman pengguna yang berkualitas
tinggi dalam penawaran perusahaan, harus ada penggabungan yang mulus dari
layanan berbagai disiplin ilmu, termasuk teknik, pemasaran, desain grafis dan
industri, dan desain antarmuka.
3. Shedroff
Menurut Shedroff pengertian UX (User Experience) adalah
pengalaman keseluruhan, secara umum atau spesifik, pengguna, pelanggan, atau
anggota audiens memiliki produk, layanan, atau acara. Di bidang Kegunaan,
pengalaman ini biasanya didefinisikan dalam hal kemudahan penggunaan. Namun,
pengalaman itu mencakup lebih dari sekadar fungsi dan aliran, tetapi pemahaman
yang disusun melalui semua indera.
4. UPA
Menurut UPA pengertian UX (User Experience) adalah setiap
aspek interaksi pengguna dengan produk, layanan, atau perusahaan yang membuat
persepsi pengguna secara keseluruhan. Desain pengalaman pengguna sebagai bentuk
antarmuka, termasuk tata letak, desain visual, teks, merek, suara, dan
interaksi. UE berupaya mengoordinasikan interaksi terbaik yang mungkin dilakukan
oleh pengguna.
5. UXnet.org dan Interaction-Design.org
Menurut UXnet.org dan Interaction-Design.org pengertian UX
(User Experience) atau Pengalaman Pengguna (disingkat: UX) adalah kualitas
pengalaman yang dimiliki seseorang ketika berinteraksi dengan desain tertentu.
6. Mäkelä & Fulton Suri (2001)
Menurut Mäkelä & Fulton Suri (2001), pengertian UX (User
Experience) adalah Hasil dari tindakan yang termotivasi dalam konteks tertentu.
Pengalaman pengguna sebelumnya dan mempengaruhi ekspektasi pengalaman saat ini;
pengalaman saat ini mengarah pada lebih banyak pengalaman dan harapan yang
dimodifikasi.
7. Hassenzahl & Tractinsky (2006)
UX (User Experience) Konsekuensi dari keadaan internal
pengguna (kecenderungan, harapan, kebutuhan, motivasi, suasana hati, dan
lainnya.), Karakteristik sistem yang dirancang (misalnya kompleksitas, tujuan,
kegunaan, fungsi, dan lainnya.) Dan konteks (atau lingkungan) dalam di mana
interaksi terjadi (misalnya pengaturan organisasi/sosial, kebermaknaan
kegiatan, kesukarelaan penggunaan, dan lainnya.)
0 komentar:
Posting Komentar