Seputar IT dan Kajian Islam

Kamis, 26 Maret 2020

DEFINISI UX OLEH PARA AHLI



User experience atau pengalaman pengguna adalah pengalaman seseorang pengguna atau peamakai dalam menggunakan sebuah produk layanan tertentu, bisa bernilai baik ataupun buruk menurut bentuk penagalaman pengguna itu sendiri.
Berikut ini merupakan pendapat beberapa ahli mengenai User Experience (UX) :
Ada banyak definisi untuk pengalaman pengguna. Di bawah kumpulan definisi ditemukan dari literatur dan di Web.

1. Alben (1996)
Menurut Alben (1996) pengertian UX (User Experience) adalah semua aspek tentang bagaimana orang menggunakan produk interaktif bagaimana rasanya di tangan mereka, bagaimana perasaan mereka, bagaimana perasaan mereka tentang hal itu ketika mereka menggunakannya, bagaimana itu melayani tujuan mereka, dan seberapa baik itu cocok dengan keseluruhan konteks di mana mereka menggunakannya.

2. Grup Nielsen-Norman
Menurut mereka pengertian UX (User Experience) adalah semua aspek interaksi pengguna akhir dengan perusahaan, layanan, dan produknya. Persyaratan pertama untuk pengalaman pengguna yang patut dicontoh adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang tepat, tanpa repot atau repot. Berikutnya adalah kesederhanaan dan keanggunan yang menghasilkan produk yang menyenangkan untuk dimiliki, kesenangan untuk digunakan. Pengalaman pengguna yang sebenarnya jauh melebihi memberi pelanggan apa yang mereka inginkan, atau menyediakan fitur daftar periksa. Untuk mencapai pengalaman pengguna yang berkualitas tinggi dalam penawaran perusahaan, harus ada penggabungan yang mulus dari layanan berbagai disiplin ilmu, termasuk teknik, pemasaran, desain grafis dan industri, dan desain antarmuka.
3. Shedroff
Menurut Shedroff pengertian UX (User Experience) adalah pengalaman keseluruhan, secara umum atau spesifik, pengguna, pelanggan, atau anggota audiens memiliki produk, layanan, atau acara. Di bidang Kegunaan, pengalaman ini biasanya didefinisikan dalam hal kemudahan penggunaan. Namun, pengalaman itu mencakup lebih dari sekadar fungsi dan aliran, tetapi pemahaman yang disusun melalui semua indera.

4. UPA
Menurut UPA pengertian UX (User Experience) adalah setiap aspek interaksi pengguna dengan produk, layanan, atau perusahaan yang membuat persepsi pengguna secara keseluruhan. Desain pengalaman pengguna sebagai bentuk antarmuka, termasuk tata letak, desain visual, teks, merek, suara, dan interaksi. UE berupaya mengoordinasikan interaksi terbaik yang mungkin dilakukan oleh pengguna.

5. UXnet.org dan Interaction-Design.org
Menurut UXnet.org dan Interaction-Design.org pengertian UX (User Experience) atau Pengalaman Pengguna (disingkat: UX) adalah kualitas pengalaman yang dimiliki seseorang ketika berinteraksi dengan desain tertentu.


6. Mäkelä & Fulton Suri (2001)
Menurut Mäkelä & Fulton Suri (2001), pengertian UX (User Experience) adalah Hasil dari tindakan yang termotivasi dalam konteks tertentu. Pengalaman pengguna sebelumnya dan mempengaruhi ekspektasi pengalaman saat ini; pengalaman saat ini mengarah pada lebih banyak pengalaman dan harapan yang dimodifikasi.

7. Hassenzahl & Tractinsky (2006)
UX (User Experience) Konsekuensi dari keadaan internal pengguna (kecenderungan, harapan, kebutuhan, motivasi, suasana hati, dan lainnya.), Karakteristik sistem yang dirancang (misalnya kompleksitas, tujuan, kegunaan, fungsi, dan lainnya.) Dan konteks (atau lingkungan) dalam di mana interaksi terjadi (misalnya pengaturan organisasi/sosial, kebermaknaan kegiatan, kesukarelaan penggunaan, dan lainnya.)

0 komentar:

Posting Komentar