Seputar IT dan Kajian Islam

Selasa, 03 Maret 2020

TEKS



Definisi teks
Teks adalah lisan dalam bentuk tulisan. Teks juga diwujudkan dalam bentuk symbol yang disepakati.
Sejarah teks
Perkembangan  teks dan symbol untuk komunikasi oleh manusia dimulai sejak 6000 tahun yang lalu di lembah mediterania yang subur di mesopotaima, mesir, dan babilonia. Tanda pertama dibuat menggunakan lumpur yang dibiarkan mengeras dibawah panas matahari. Hanya anggota penguasa dan biarawan yang dizinkan membaca dan menulis tanda dan tulisan kono. Saat ini teks, dan kemapuan membaca merupakan pintu gerbang unutk memperoleh kekuasaan dan pengetauan. Memebaca dan menulis merupakan keterampilan yang penting dalam mkultur modern. Melallui tullisan dapat meraih gelar doctor atau bahkan hukuman mati tergantung pada seberapa mahir memanfaatkan kata-kata.
Kategori Teks
-          Alphabet                                : A-Z
-          Angka                                      : 0-9
-          Karakter spesial                   : . , ; : … ‘ ‘’”      
-          Symbol                                    : & % $ # @ ! ? / = + - ) (
Typace  & Font
Typace merupakan representasi grafik dari alphabet, angka dan spesial karakter. Sedangkan font merupakan model huruf atau kumpulan karakter dari satu ukuran dan style. Contoh dari font yaitu, Arial, Tahoma, Verdana, Times New Roman, Calibri, dan lain sebagainya.
Font
Ukuran tertentu sesuai typeface. Ragam ditentukan dengan ukuran dan style. Ukuran diukur dalam point (satu point adalah 1/72 dari 1 inci (0.0138 inci). Dan Style dari fontnya yaitu, Bold (B), Italic (I), Underline (U), UPPERCASE, lowercase
Berikut ini adalah aplikasi pengolah teks/kata yang mendapat rating terbaik saat ini:
1.      Microsoft word. Microsoft merupakan software yang sering digunakan untuk mengolah kata. Microsoft telah menambahkan database dan tool baru supaya pengguna lebih mudah untuk mengoperasikannya.
2.      Lotus word pro. Lotus word  pro merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh IBM. Aplikasi ini dilengkapi dengan kemampuannya dalam bertukar  file dokumen dengan Microsoft word. Dalam artian, file dokumen yang dibuat pada Microsoft word dapat dibuka dan diedit pada lotus word pro, demikian sebaliknya.
3.      Corel word perfect. Aplikasi ini juga tidak mau kalah dengan software pengolah kata lainnya. Program yang terdapat pada aplikasi ini dapat dijalankan melalui system operasi windows.
4.      Abiword. Aplikasi bernama abiword mendukung mendukung fitur pengolahan kata dasar. Kata dasar tersebut meliputu dasar, identasi, dan format karakter.
5.      Staroffice writer.  Staroffice writer merupakan aplikasi multiplatform yang dapat digunakan pada system operasi windows, linux, dan solaris
6.      Openoffice writer. Aplikasi ini juga memilki kemiripan dengan aplikasi Microsoft word. Yang membedakannya yaitu, pada perkembangannya, karena openoffice writer hadir dengan lisensi GPL atau general public lisensi. Keberadaan lisensi GPL itulah yang menjadikan openoffice writer dapat diperoleh secara gratis.

0 komentar:

Posting Komentar