Seputar IT dan Kajian Islam

Selasa, 03 Maret 2020

Implementasi ilmu interaksi manusia dan komputer


Dikesempatan kali ini, saya akan berbagi pengetahuan tentang implementasi ilmu interaksi manusia dan computer. Sebelum beralih kepada jauhnya materi, maka ada baiknya untuk kita pelajari dahulu bagaimana sejarah ilmu interaksi manusia dan computer tersebut. Yuuk keep read..
Berikut ini adalah penjelasan sejarah mengenai awal mula adanya ilmu interaksi manusia dan computer atau HCI ini. Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI) dan mulai menjadi topic perhatian bagi peneliti dan perancang system. Perusahaan computer mulai memikirkan aspek fisik dan antar muka pengguna sebagai factor penentu keberhasilan dalam pemasarannya. Istilah human computer interaction mulai muncul pertengahan tahun 1980 an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai focus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.
Pada dasar nya setiap ilmu ada tempat pengaplikasiannya atau pengimplementasiannya. Oleh karena itu, pada bidang ilmu ini juga terdapat bagian tempat untuk implementasinya. Pengaplikasian ilmu interaksi manusia dan komputer terdapat diberbagai bidang diantaranya perkantoran, otomotif, penerbangan, komunikasi dll. Lalu timbul pertanyaan berikutnya, mengapa sebaiknya menggunakan ilnu interaksi manusia dan komputer, kenapa bukan hanya saja ilmu tentang UI/UX design? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita baca selanjutnya.
Pada awalnya hanya pengguna tertentu yang bisa menggunakan komputer. Saat ini teknologi komputer sudah menjadi bagian dari hidup manusia (pervasive), sehingga interaksi dengan komputer harus jelas dan intuitif. Keinginan manusia untuk mendapatkan kemudahan dalam menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan suatu persoalan. Perubahan teknologi sistem harus didesain sesuai kebutuhan dan keterampilan orang yang menggunakannya dan transparan. Desain interface tidak hanya mempertimbangkan aspek saja, tapi juga harus memperhatikan kemampuan dan keterbatasan manusia.
Tujuan imk : menghasilkan sistem yang berguna dan aman, what you see is what you get, mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna, memberikan feedback kepada pengguna, membantu desainer dalam merancang sistem komputer yang user-friendly (ramah dengan pengguna)
Kriteria user-friendly : memiliki tampilan yang bagus, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, dan pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut.
Berikut ini disiplin ilmu dalam IMK yaitu, ilmu computer(desain aplikasi & teknik human interface), psikologi (aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user), sosiologi dan antropologi (interaksi antara teknologi, work dan organisasi), industrial design (produk interaktif), teknik sipil (infrastruktur fisik) dan teknik mesin (robotika).
UI vs IMK
User interface, bagian dari aplikasi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan computer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sedangkan human computer interface untuk perancangan, implementasi dan evaluasi dari user interface



1 komentar:

  1. Trims ya,
    Sharing infonya bermanfaat.

    Boleh dong kunjungan baliknya ke web saya :D
    Langsung Cek di Toko Komputer Online Terpercaya atau Trik Laptop

    BalasHapus