Seputar IT dan Kajian Islam

Selasa, 10 Maret 2020

pengguna komputer


Brainware atau user (pengguna) adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoperasikan perangkat komputer. Seperti, programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer.
Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Yang mengoprasikan komputer sering disebut dengan user, user atau brainwere ada beberapa macam, contohnya seperti beriut ini :
Progaramer yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai salah satu ataupun banyak bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
Administrator Adalah orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan juga program yang berjalan pada sebuah sistem komputer ataupun pada jaringan komputer.
Operator yaitu orang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan sebagainya.
Brainware termasuk bagian yang sangat penting dari sebuah sistem komputer. Hardware komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya software, sedangkan software dan hardware tidak akan bekerja tanpa adanya brainware. Jadi 3 (tiga) komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan satu sama lain.


Konsep antara perangkat keras/hardware – perangkat lunak/software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam perangkat komputer. Lalu setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru dapat bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan maupun pekerjaannya.
tugas Brainware
Sebagai administrator sistem ialah dapat menerima laporan leaver, stayer, dugaan cheater (MH, bugs, dll) dari users yang berada di channel dan memproses baned sesuai dengan bukti yang ada. Biasanya brainware seperti ini berada di sebuah sistem yang besar seperti layanan sosial media yang mengawasi para penggunanya, dan melakukan tindakan represif jika terjadi pelanggaran aturan yang berlaku.
Menjaga ketertiban atau keteraturan sistem, seorang brainware yang bertugas sebagai administrator akan menjadi penanggung jawab atas segala yang terjadi, jika terjadi suatu konflik di sebuah diskusi sosial media, maka seorang administrator akan melakukan tindakan yang keras seperti banned dan mematikan komentar. Sehingga bisa menghentikan kekacauan yang terjadi, karena jika hal seperti ini marambah ke dunia nyata, maka pihak kepolisian akan mengejar administrator untuk di jadikan tersangka pertama.
Mencegah flooding yakni seorang brainware akan melakukan atau mencegah kejadian flooding yaitu terjadinya pengulangan kata yang sama dalam waktu bersamaan, sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan data yang akan memberatkan disk penyimpanan pada server.
Mencegah flaming ialah seperti yang telah disebutkan tadi, jika terjadi kericuhan pada sebuah diskusi di sosial media, maka seorang admin harus bertanggung jawa atas segala sesuatu yang terjadi, jadi seorang admin harus mencegah flaming atau penggunaan kata-kata yang memancing terjadinya emosi berlebihan.

Contoh Brainware


1. Netter

Netter ialah seseorang, individu, organisasi yang akan menggunakan, menjelajah internet untuk dapat mencari suatu informasi.

Contohnya browsing mencari situs-situs yang tedapat di Internet sehingga disebut dengan surfing. serta dengan kata lain bisa disebut dengan sebutan penjelajah kata kunci/ keyword.

Misalnya Anda akan menjelajah menggunakan Google dengan mengetikkan kata kunci tertentu. seperti baju maka akan menampilkan situs-situs mengenai baju dan itulah yang juga disebut surfing atau juga menjelajah.



2. EDP Departement

Pengolah Data Elektronik ini akan mengacu pada penggunaan metode otomatis untuk dapat mengolah data komersial.

Biasanya juga, ini akan menggunakan relatif sederhana, aktifitas ini akan berulang untuk memproses volume besar informasi serupa.

Sebuah EDP Manager mencari setelah Departement EDP. EDP berarti Pengolahan Data Elektronik.

Umumnya pada dasarnya di dalam seluruh perusahaan terdapat departement yang terlihat setelah seluruh pekerjaan komputer.

Terdapat Beberapa perusahaan yang menyebutnya ialah sebagai Departement IT serta beberapa perusahaan lain menyebut dengan departement ini sebagai EDP Departement.

0 komentar:

Posting Komentar