Seputar IT dan Kajian Islam

Jumat, 09 Oktober 2020

Aspek manfaat komputer pada bidang perbankan, pemerintahan, dan militer


 Penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang. Tidak bisa dipungkiri memang, perihal ini bisa menjadi kebutuhan yang wajib, karena dapat mempermudah pekerjaan seseorang. Komputer saat ini sangat bermanfaat sekali apalagi di era revolusi industri 4.0, karena hampir semua peranan dalam kehidupan memakai fungsi komputer itu sendiri.

Nah, di artikel kali ini saya akan membahas seperti apa sih manfaat komputer pada bidang perbankan. Perbankan merupakan suatu kelembagaan yang mengelola administrasi dan penyimpanan keuangan masyarakat. Hampir seluruh masyarakat menggunakan fasilitas ini, karena memang fasilitas ini sangat memudahkan bagi seorang nasabah/penabung dalam mengelola dan menyimpan keuangan mereka. Perbankan biasanya dikelola oleh lembaga dalam suatu negara, ada yang berbentuk negri maupun swasta. Saat ini, manfaat perbankan sangat ddirasakan oleh masyarakat pada umumnya. Melalui ATM, Internet Banking, M-banking, dll. Melalui ATM anda dapat menarik uang ataupun setor tunai dimana yang tersedia fasilitas ATM tersebut. Biasanya fasilitas ATM dapat anda temui di daerah kota dan juga seperti dekat pertokoan dll. Melalui Internet Banking, nasabah akan lebih mudah dalam bertransaksi, karena fasilitas ini bisa diakses melalui handphone ataupun smartphone yang dimilki nasabah. Tentunya, semua orang rata-rata sudah memiliki alat tersebut kan. Yang belum pernah coba, bisa dicoba ya, karena asik lo, hehe. karena  tidak ribet dalam aksesnya. M Banking juga seperti itu, hampir sama sistem kerjanya dengan Internet Banking. Hanya saja M Banking tidak menggunakan koneksi internet, melainkan akan menggunakan Pulsa anda sebagai gantinya.

Peranan komputer dalam bidang perbankan sangat banyak ya. Penggunaan komputer pada perbankan yaitu menggunakan data base yang dapat diakses dengan komputer dan lain-lain. Sistem dalam perbankan membutuhkan server dalam mengelola dan me
nyimpan data keuangan. Terdapat orang yang tugasnya untuk memelihara sistem server tersebut. Guna dari pemeliharaan tersebut adalah untuk terus meng-update informasi keuangan yang di inputkan oleh nasabah, baik itu transaksi transfer, transaki tabungan dll.

0 komentar:

Posting Komentar