Seputar IT dan Kajian Islam

Jumat, 23 Oktober 2020

Media Sosial dan cara bersikapnya


 Assalamu'alaikum sobat semua...

Mungkin ngga sih hari ini kita masih ngga tau apa itu media sosial? saya rasa engga lah, hampir setiap orang saat ini mengetahui apa itu media sosial. Media sosial sudah menjadi alat bantu bagi setiap individu untuk berkomunikasi secara jarak jauh kepada individu yang lain. Proses ini terjadi karena adanya koneksi antara tiga elemen (server, sender dan receiver). Saat ini media sosial sangat banyak sekali digunakan, terutama para remaja yang kehidupan dikelilingi oleh ddunia teknologi. Tidak hanya pemuada remaja saja, bahkan saat ini tingkat anak-anak pun sudah bisa menggunakannya. Ada banyak dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial yang berlebihan. Tidak bisa dipungkiri juga hampir setiap detik masalah yang terjadi dilingkungan sekitar kita disebabkan oleh perilaku seseorang dimedia sosialnya. oleh karena itu, di artikel kali ini saya akan membahas mengapa dan bagaiamana sebaiknya menggunkan media sosial itu yang membawa dampak positif?

Kita telah mendengar kasus-kasus yang terjadi seperti prostitusi online, judi online dsb yang menyebabkan garis grafik masalah yang ada di Indonesia ini semakin meningkat. Mengapa hal itu terjadi? hal ini disebabkan oleh kurangnya pengawasan dari orangtua dan juga elemen terkait untuk memantau anaknya ataupun usernya. Dengan demikian, apapun yang dilakukan oleh mereka, mereka merasa bebas karena yang dilakukannya adalah apa yang dia inginkan. Kendala disini ialah bagaimana untuk mengendalikan anak atau si user tsb.

Pengalamana telah mengajarkan, karena pengalaman adalah guru terbaik. Bagi anda yang sering meng-upload privasi anda ke status atau story anda di media sosial harap hati-hati. Karena informasi anda akan direkam atau tercatat oleh database media sosial tersebut. Jangan mengupload foto pribadi apalagi status anda sekarang, karena data itu akan banyak digunakan oleh pihak lain untuk digunakannya kembali baik untuk hal yang baik ataupun hal yang buruk. Kewaspadaan harus selalu ada. 

Media sosial disini dapat berupa aplikasi. Saat ini banyak user menggunakan aplikasi-aplikasi terbaru seperti WhatsApp. Instagram, Facebook dll. Banyaknya pemakaian pada aplikasi ini disebabkan oleh banyaknya fitur pula yang diterpakan dalam apliaksi tersebut, sehingga menarik pengguna atau user.

Wassalamu'alaikum .. 

0 komentar:

Posting Komentar