Seputar IT dan Kajian Islam

Kamis, 22 Oktober 2020

Bagian-bagian Sistem Komputer


 Sistem Komputer.

Sistem Komputer adalah interaksi sebuah piranti atau perangkat yang kompleks untuk pengoperasian komputer, sehingga komputer dapat beroperasi dengan baik. Sistem komputer terdiri dari 3 komponen yaitu : Hardware, Software dan Brainware.  Hardware adalah perangkat keras. Software adalah perangkat lunak. Brainware adalah pengguna/user.

Perangkat komputer terdiri dari perangkat input, perangkat output, pemroses dan penyimpanan. Masing-masing memiliki peran dan fungsi masing-masing. Contoh perangkat input : keyboard, mouse dll. Contoh perangkat output : monitor, proyektor dll. Contoh alat pemroses : HDMI, USB dll. Contoh perangkat penyimpanan seperti : flash disk

 Sistem operasi merupakan penghubung antara hardware dan software. Sistem operasi juga merupakan sebuah fasilitas yang menjembatani jalannya sebuah komputer.  Ada banyak macam sistem operasi diantaranya, Windows, Mac Os, Linux dll. Namun, sebagian besar pengguna komputer lebih familiar dengan sistem operasi Windows. 

Komponen sistem komputer terdiri 4 komponen yaitu pengguna, software, sistem operasi dan hardware. Adapun contoh hardware, yaitu : PC, laptop dll. Ada tiga bagian utama dalam hardware yaitu : 

1- unit inputan, diantara alatnya ialah : keyboard, mouse, lightpen, joystick, scanner, digitizer, OMR (optical mark reader), MIRC (Magnetik Ink Recognition), media visual.

2- unit proses, diantara alatnya ialah : ALU (aritmatic logical unit), CU(control unit) dan memori : primer dan sekunder.

3- unit output, diantara alatnya ialah : Monitor, printer, speaker dll. 


0 komentar:

Posting Komentar